Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Dibully

Bully, Bullying, Bahaya Bullying, Dampak Bullying.
Cr: YouTube Pria Seratus Persen

Apa itu Bully, atau Bullying?

Sudah sering dengar istilah bully, bullying adalah suatu tindakan agresif yang dilakukan secara berulang yang dilakukan oleh suatu kelompok pada suatu individu tertentu, dan biasanya ditunjukkan untuk individu yang dinilai lebih lemah atau berbeda di antara kebanyakan individu lainnya.

dan yang paling berbahaya yaitu dampak yang diberikan mulai dampak emosional dan mental, gangguan fisik, performa akademik yang menurun, serta gangguan hubungan dan sosial. Serta ada pula jenis-jenis yang dilakukan yaitu diantaranya pelecehan verbal berupa tindakan menghina mencela mengancam atau melecehkan dengan kata-kata yang merendahkan dan menyakitkan, pelecehan fisik contohnya seperti pukulan tendangan menganiaya secara fisik, pelecehan sosial seperti mengisolasi menyebarkan gosip fitnah atau yang sekarang adanya teknologi untuk menyebarkan pesan negatif tentang korban, dan pelecehan emosional yang menyebabkan stres kecemasan ketakutan melalui ancaman intimidasi atau penghinaan untuk melukai korban atau mengancam keselamatan korban.

Sekarang kita melihat kasus nyata salah satu orang terkuat di bumi, yang masa kecilnya penuh duka karena dibully namanya Mike Tyson sebelum terkenal seperti saat ini petinju ini punya masa kecil yang menyedihkan, dia sangat pendiam, berhati lembut, hobinya memelihara merpati. sayangnya dia tinggal dilingkungan yang keras dan penuh bully, Mike kecil yang saat itu tidak bisa bela diri apapun cuma bisa menerima nasib dan sampai akhirnya dia bertemu pelatih yang bernama Cus D'amato yang mengajarinya tinju. 

Sejak saat itu dia jadi kuat dan makin kuat bahkan berhasil meraih sukses di level dunia, dan yang perlu kita pahami Mike belajar tinju bukan buat membalas perlakuan orang yang mem-bully nya, tapi untuk bikin dirinya sendiri semakin kuat, kalau niatnya cuma balas dendam dia justru akan kena masalah, dilaporkan karena perkelahian atau ketika sudah puas balas dendam dia akan berhenti belajar tinju dan akhirya tidak jadi juara dunia.

Begitu juga dengan kita kalau dibully sadari satu hal, karena kita terlihat lemah oleh karena itu cobalah menjadi kuat, jadi kuat bukan untuk balas dendam melainkan buat diri kita sendiri. Bagaimana caranya?, yaitu mulai dengan membangun fisik, disiplin, dan juga membangun kekuatan mental untuk bersikap tegar, kuat, tidak memperdulikan hinaan dan ejekan para pembully.

Belajar beladiri kalau perlu atau minimal mulai olahraga seperti pushup, situp, pullup, jogging atau lari. Kalau kita sudah terbiasa menantang badan kita rasa disiplin akan terbentuk, dan disiplin itu kunci dari sebuah kesuksesan, sukses kesemua aspek kehidupan, serta aura orang yang aktif gerak rasa pedenya pasti akan beda. Kita akan kelihatan lebih berkarisma orang yang membully kita jadi mikir lagi selama proses ini tetap Low Profile tidak perlu sok-sokan apalagi nantangin pembully kita itu.

Sadari saja kalau orang yang suka nge-bully orang lain sebenarnya adalah orang yang lemah dan insecure, jangan sampai kita jadi kayak mereka itu tidak level, dan pikir saja jangka panjangnya nanti kalau kita makin kuat makin sukses, para pembully itu akan memohon-mohon untuk jadi teman kita, mereka akan hormat sama kerja keras kita.

Referensi: https://umsu.ac.id & YouTube Pria Seratus Persen

Comments