Cara Ampuh Mengembalikan Semangat Setelah Mengalami Kegagalan

Pada pembahasan postingan kali ini saya membuat judul gimana si supaya bisa semangat lagi ketika telah mengalami kegagalan?, kenapa pakai judul tersebut menurutku supaya bagi teman-teman agar bisa memperbaiki kondisi kalau lagi down-down nya oke langsung saja

Cara Ampuh Mengembalikan Semangat Saat Kita Lagi Down.
Cr: YouTube Pria Seratus Persen


Ketika kita diberada titik terendah dalam hidup saat kondisi mengalami kegagalan saat ini, mungkin gagal dalam urusan pekerjaan, sekolah atau gagal membahagian orang-orang penting dikehidupan kita, kali ini dijelaskan cukup 3 hal. 
 
Apa saja 3 hal yang bisa bikin kita semangat lagi?
 
  1. Tanamkan mindset atau pola pikir gagal itu bagus.
    Dari kecil ada satu mindset yang salah saat diajarkan disekolah, kita dihukum saat kita melakukan kesalahan entah salah mengerjakan tugas, dan salah-salah yang lainya waktu kita berada disekolah. Padahal didunia nyata kegagalan itu sesuatu hal yang normal, bahkan ada yang bilang gagal itu bagus, ketika kita banyak melakukan kegagalan makin banyak pula kita merasa kesempatan untuk belajar.

    Sebagai contoh ketika saya awal-awal bikin postingan di-blog ini, saya merasa banyak banget kekurangan entah mulai dari cara menulis, format tampilan blog itu yang membuat saya ingin terus berkembang hingga akhirnya ikut beberapa kompetisi yang bisa membuat tampilanya serta jenis-jenis pemilihan bahasa lebih menarik.

    Atau contoh yang lain coba lihat tokoh-tokoh besar didunia, mereka semua pernah mengalami kegagalan, anggap saja seperti pemain sepak bola Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo mereka berdua sering kali melakukan kesalahan saat menendang bola hingga susah mencetak angka hingga terkenal sampai saat ini, atau contoh Steve Jobs dia sampai dipecat dari Apple perusahaan yang dia bangun sendiri, gak usah takut saya yakin kegagalan kita ada maknanya, kegagalan kita sesuatu yang dipersiapkan untuk meraih kesuksesan besar kesuksesan yang mungkin gak pernah kita bayangkan.
     
  2. Fokus ke saat ini.
    Melakukan aktivitas-aktivitas yang bikin kita fokus ke saat ini, rasa ngedrop muncul karena kita kecewa sama masa lalu atau takut menghadapi masa depan. Coba fokus beresin satu persatu apa yang bisa kita lakukan sekarang, mulai dari hal-hal yang kecil saja terelebih dahulu bikin checklist hal-hal yang bisa kita kerjakan, tiap beres satu hal bisa kita centang pasti nantinya akan tercentang semuanya, saat itu tercapai kita merasa lebih kuat.

  3. Zoom Out.
    Kalau kita melihat dari kehidupan dari mikrosop kita akan merasa galau terus, tiap gagal akan bikin kita drop sampai merasa gak bisa bangkit lagi, lihat dunia dari skala yang lebih besar tonton film dokumenter tentang alam semesta, sadari memang kalau alam semesta ini besar banget ada milyaran orang  di dunia ini, dan semua orang punya masalah bahkan jauh lebih banyak yang masalahnya lebih berat dari pada masalah yang kita hadapi bisa dibilang kita beruntung masih bisa scrol media sosial atau lagi baca postingan blog ini, serta bayangin ada banyak orang harus berjuang di tengah peperangan, ada juga yang kelaparan dan kehausan gak punya apapun. Saat kita bisa melihat zoom out dikehidupan ini kegagalan adalah rencana dari alam semesta supaya kita yakin kita jadi seseorang yang jauh lebih kuat dari sekarang.
Itulah beberapa tips cara mengembalikan semangat setelah mengalami kegagalan dimana kita harus terus maju melewati setiap tantangan itu biar semakin lebih baik dari sekarang ini.

Referensi: YouTube Pria Seratus Persen

Comments