Mindset Ini Dua Kali Lipat Bikin Termotivasi

Mindset Ini Dua Kali Lipat Bikin Termotivasi.
Cr: YouTube Pria Seratus Persen

Satu pola pikir ini bisa bikin dua kali lipat lebih termotivasi, coba pikir apa yang biasanya bikin kita termotivasi, yang ada di bayangan kita pasti masa depan yang cerah keinginan yang tercapai serta perubahan ke arah yang lebih baik. Jordan Peterson dia seorang psikolog mempunyai satu teori tentang motivasi ini dia mengibaratkan seekor tikus yang ekornya diikat tali di depannya ada sepotong keju, kalau si tikus bergerak maju untuk mengambil keju, ketegangan tali yang diikat di ekornya bisa diukur, semakin kencang tali tertarik ke depan makin tinggi motivasi si tikus untuk mendapatkan keju, tapi terkadang keju saja tidak cukup buat bikin si tikus maju ke depan cukup cepat. 

Satu faktor lain dicoba dengan memposisikan seekor kucing di belakang tikus tadi, ternyata si tikus jadi dua kali lipat lebih cepat maju ke depan, selain untuk mendapatkan keju juga untuk menghindari kucing. Begitu juga dengan kita agar lebih termotivasi mengerjakan suatu hal baik kita perlu dua hal.

Apa saja dua hal itu?

  1. Impin yang mau diraih.
  2. Ketakutan kalau impian itu tidak tercapai.

Misal kita pingin menurunkan berat badan, impiannya adalah kalau berhasil penampilan kita akan lebih atletis, lebih keren lebih pede, kita bayangin juga resiko gagalnya bisa-bisa terkena berbagai macam komplikasi penyakit di usia muda, tidak bisa menikmati hidup lagi. 

Oke dari contoh diatas pastikan kita bisa mengidentifikasi, apa yang jadi faktor penarik dan apa yang menjadi faktor pendorong dalam mengejar sebuah target yang kita inginkan.

Referensi: YouTube Pria Seratus Persen

Comments